Jumat, 04 November 2011

Etika Sebagai Tinjauan

Pengertian Etika

Etika adalah ilmu tentang kesusilaan, ilmu inilah yang menentukan bagaimana sepatutnya manusia hidup dalam masyarakat, mengenal, memikirkan, serta memahami lebih mendalam tentang apa yang baik, atau apa yang tidak tercela, dan apa yang menimbulkan aib. Detailnya etika senantiasa menyoroti prilaku dan tingkah laku setiap orang didalam masyarakat.

Prinsip Etika :

Ada 2 prinsip etika, yaitu

1. Relativisme Etika adalah pandangan bahwa tidak ada prinsip moral yang benar secara menyeluruh, kebenaran semua prinsip moral bersifat relatif terhadap budaya atau pilihan individu.

2. Absolutisme Etika adalah paham etika yang menekankan bahwa prinsip moral itu universal, berlaku untuk siapa saja dan dimana saja.

Basis Teori Etika

Etika bermula di zaman purba Greek apabila ahli-ahli falsafah hanya memberikan tumpuan kepada kebaikan moral.

Socrates (469-399 B.C) menggunakan pendekatan etika pada rekan-rekannya untuk berfikir tentang kebaikan dan kesihatan roh. Ide utama Socrate tentang etika adalah berhubung dengan meyakinkan orang agar berakhlak mulia.

Plato (428-348 B.C) mengkaji hubungan etikan dan personality manusia. Kebaikan adalh suatu imbangan dan harmoni di kalangan perbezaan yang terwujud dalam roh.

Aristoteles (384-322 B.C) beliau melihat kebaikan moral agak berbeda dengan Plato dan Socrates di mana beliau menyatakan bahwa kebaikan moral mempunyai hubungan yang sedikit dengan intelektual tetapi lebih kepada sifat karakter (personality).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar